Zidane: Madrid Menang Atas Bayern Bukan Karena Wasit

zidane

Sang manager Real Madrid, Zinedine Zidane berdasarkan pantauan para pemain judi online dinilai memberi komentar yang pas atas kemenangan tim asuhannya di laga dini hari tadi. Ia mengungkapkan bahwa berkat kerja keras para pemain Real Madrid lah yang mampu membawa mereka memperoleh kemenangan dramatis 4-2 di babak ekstra melawan Bayern Munchen – bukan karena keputusan wasit yang jelek. Zidane menegaskan bahwa tim asuhannya yang memang lebih berhak lolos ke semifinal Liga Champions dibanding Bayern Munchen.

Bayern awalnya sempat memiliki keunggulan secara agregrat berkat gol penalti Robert Lewandowski dan gol bunuh diri Sergio Ramos, tetapi berkat hat trick yang dihasilkan Cristiano Ronaldo lah yang pada akhirnya membawa Los Blancos lolos ke semifinal musim Liga Champions kali ini.

Viktor Kassai yang merupakan wasit asal Hungaria tersebut menjadi sorotan karena kinerjanya dalam laga itu dinilai penuh kontroversi. Ada beberapa keputusan Kassai (dan juga para asistennya) yang menimbulkan perdebatan.

Di menit 84, Kassai menggajar pemain tengah Bayern, Arturo Vidal dengan kartu kuning kedua alias kartu merah setelah dianggap melanggar Asensio, padahal pelanggaran yang sama dilakukan pemain Madrid, Casemiro dimaafkan. Atas kartu merah tersebut, Bayern harus bermain dengan 10 orang.

Dua gol Cristiano Ronaldo di babak waktu tambahan juga disinyalir offside. Gol Ronaldo yang terjadi di menit 104 terjadi setelah menerima umpan lambung Ramos, di mana ia sempat mengontrol bola dulu sebelum melepas tembakan yang berhasil menjebol gawang Neuer. Gol tersebut dianggap kontroversi karena di dalam tayangan ulang, penyerang asal Portugal tersebut terlihat sudah berdiri dalam posisi offside setelah menerima umpan lambung Ramos, Ronaldo terlebih dahulu mengontrol bola sebelum melepas tembakan yang berhasil menjebol gawang Neuer.

Pelatih Bayern, Carlo Ancelotti yang sangat tidak puas dengan kinerja sang wasit tersebut, mengatakan bahwa UEFA harus menerapkan teknologi asisten video VAR (Video Assitant Referee) untuk menghindari kesalahan besar seperti ini di laga besar mendatang.

Zidane melalui konferensi pers setelah pertandingan di stadium Santiago BernabĂ©u mengatakan tidak tahu menahu soal teknologi tersebut. Ia menambahkan, “Pekerjaan wasit sangatlah sulit, saya tidak ingin mengomentari. Mereka mengatakan gol Bayern kedua juga merupakan offside. Jadi sama-sama impas. Begitulah sepak bola.”

“Terlepas dari kartu kuning kedua atau gol offside, 6 gol yang kami hasilkan melalui dua pertandingan berhak membawa kita lolos. Tidak ada yang namanya keberuntungan dalam sepak bola, kamu harus menang, dan kami memenangkan kedua laga.”